Thursday 4 June 2015

Yuuk Gaes Ke Gunung Merbabu 3.145 MDPL (10.630 kaki)

Hi!!! Mba Bro and Mas Bro, kini Tim Jpiknik mau post tentang Gunung nih. Merbabu, pernah denger gak? gak pernah wkwkwk kasian-kasian, jangan sedih ya kini Tim Jpiknik akan berbagi pengalaman ketika disana.
1. Letak Gunung Merbabu

Merbabu adalah Gunung Api yang bertipe Strato (gunung yang masih aktif bero) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratifnya nih ,gunung ini berada di wilayah kabupaten magelang di lereng sebelah barat dan kabupaten boyolali di lereng sebelah timur dan selatanya kota salatiga sedangkan kabupaten semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.


Bagi mba dan mas nya yang belum pernah ke Gunung Merbabu, coba deh mulai sekarang taklukin , siapa tahu ketemu jodoh anak gunung hehehe. Medannya sih gak terlalu berat, namun potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki adalah udara dingin (gak usah bawa sleeping bath, cukup peluk saya aja mba) cukup mendukung sarana bertahan hidup atau survival . kabut tebal, hutan yang lebat namun homogen (hutan tumbuhan runjung).

2.Serasa Berada diatas Awan

Dari Pos I (pos bayangan) neh mba, mba nya akan melihat setengah surganya indonesia haha, karena surga sebenarnya ada di puncak mba, jadi harus sabar ya nunggu sampai puncak, terus jangan ngeluh ya mba, kan ada saya yang selalu nemani mbanya hehe. Terus mbanya akan melewati hutan campuran menuju Pos II.
Menuju Pos III jalur mulai terbuka dan jalan mulai menanjak curam (tapi gak securam cinta kita mba wkwkw). Kita mendaki gunung Pertapan, hempasan angin yang kencang sangat terasa (ingat loh ada saya), apalagi berada di tempat terbuka. Kita dapat berlindung di Watu Gubug (sebuah batu berlobang yang dapat dimasuki 5 orang. Konon merupakan pintu gerbang menuju kerajaan makhluk ghaib.tapi saya gak lihat tuh , saya Cuma liat kamu, iya kamu hikzhikz.

Jodoh pasti bertemu, eh salah badai pasti berlalu haha (bukan badai keyboardist nya KRISPATIH ya). Bila ada badai sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan karena sangat berbahaya. Mendekati pos empat, mba and mas nya mendaki Gn. Watu tulis jalur agak curam mba, jadi hati-hati ya dengan hati saya hehe, dan banyak pasir maupun kerikil kecil sehingga licin (awas jatoh mba), angin kencang membawa debu dan pasir sehingga harus siap menutup mata bila ada angin kencang (jangan lupa bawa slayer dan kacamata biar keren gitu).
Pos IV yang berada di puncak Gn. Watu Tulis dengan ketinggian mencapai 2.896 mdpl ini, disebut juga Pos Pemancar karena di puncaknya terdapat sebuah Pemancar Radio.
Menuju Pos V jalur menurun, pos ini dikelilingi bukit dan tebing yang indah. Kita dapat turun menuju kawah Condrodimuko. Dan di sini terdapat mata air, bedakan antara air minum dan air belerang.

3. Sudah Pernah Coba Bedakan Antara Air Minum dan Air Belerang?
Perjalanan dilanjutkan dengan melewati tanjakan cinta , hah ya gak lah kaya di film 5 cm aja, yang sangat terjal serta jurang di sisi kiri dan kanannya (jangan ngelamun mba nya). Tanjakan ini dinamakan Jembatan Setan (kabayang gak tuh seremnya). Kemudian mba and mas nya akan sampai di persimpangan, ke kiri menuju Puncak Syarif (Gunung Pregodalem) dan ke kanan menuju puncak Kenteng Songo ( Gunung Kenteng Songo) yang memanjang (sepanjang cintaku padamu mba) hoho.

Dari puncak Kenteng songo mba-mba nya dapat memandang saya eh salah maksudnya Gn.Merapi dengan puncaknya yang mengepulkan asap setiap saat, nampak dekat sekali. Ke arah barat tampak Gn.Sumbing dan Sindoro (temanggung) yang kelihatan sangat jelas dan indah, seolah-olah menantang untuk di daki. Lebih dekat lagi tampak Gn.Telomoyo dan Gn.Ungaran (Semarang & Magelang). Dari kejauhan ke arah Timur tampak Gn.Lawu perbatasan Jateng & dan Jatim) dengan puncaknya yang memanjang. tapi disini saya gak ngelihatkan gunung-gunungnya karna kabut hoho maklum ye , bangun nye siang jadi uda pada kabut tuh.

4. Masih Hobby Melihat Pemandangan Datar?Pemandangan itu lebih bagus dilihat dari atas ke bawah.

Menuju Puncak Kenteng Songo ini jalurnya sangat berbahaya, selain sempit hanya berkisar 1 meter lebarnya dengan sisi kiri kanan jurang bebatuan tanpa pohon, juga angin sangat kencang siap mendorong kita setiap saat. jadi tetap keep sefety ya. oiya di puncak ini terdapat batu kenteng / lumpang / berlubang dengan dengan jumlah 9 menurut penglihatan paranormal lho.

5. Buktikan Sendiri Naik Gunung dari Pada ke Pantai sob!...

Sekian gan post dari tim jpiknik semoga bisa bantu agan sekalian kalo mau daki ke merbabu haha, jangan lupa bawa selimut kaos kaki futsal yang lebih panjang dan tebel. oke gan mekum.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts